TUGAS ABD 30 APRIL 2018
KELOMPOK 7
KETUA KELOMPOK : 12170968 M.ALDIANSYAH RAMADHAN SAPUTRA
ANGGOTA : 12170324 RONALDO
12171739 DEVI AIMATUL KHASANAH
12170335 SHIVA AULDINA YAMIN
12173314 ALDI DANU
APLIKASI BASIS DATA
1). DDL (Data Definiton Language)
,merupakan perintah sql yang digunakan untuk melakukan definisi awal satu basis
data dan tabel tabel pada konsep RDBMS.
2). DML (Data Manipulation Language)
,merupakan perintah sql yang digunakan untuk melakukan pengelolahan record atai
manipulasi record pada tabel dalam suatu basis data.
3). -Create, digunakan untuk membuat
suatu basis data dan tabel pendukung di dalam pembangunan basis data tersebut.
-Alter, digunakan untuk mengubah struktur tabel yang terdapat di dalam basis
data.
-Drop, digunakan untuk menghapus tabel yang terdapat di dalam basis data.
4)-Insert, digunakan untuk melakukan
entry atau penambahan suatu record pada tabel dalam basis data.
-Select,
digunakan untuk memilih record yang akan ditampilkan berdasarkan data pada tabel dalam basis data.
-Update, digunakan untuk mengubah data dalam suatu tabel pada field tertentu.
-Delete, digunakan untuk menghapus data dalam suatu tabel.
5) ERD & LRS dari KHS .
6).DDL Aplikasi Basis Data( DATA PRIBADI )
6). Aplikasi Basis Data( DATA PRIBADI
) PERINTAH CMD (COMMAND PROMPT).
1.perintah DDL dalam command prompt dari DATA PRIBADI diuang mahasiswa.
2.Menambahkan
5 data ke dalam table yang dibuat no.1
3.
Modifikasi DML Aplikasi Basis Data
JAWABAN BERDASARKAN KUTIPAN DARI
KARYA ILMIAH / BUKU REFERENSI JAWABAN N0.1-11
1). Pengembangan
software adalah berwujud suatu proses yang mengubah bentuk gagasan,
kebutuhan, dan persyaratan ke dalam aplikasi perangkat lunak.
Kutipan
dari (humphrey dan kellner, 1989) ,buku rekayasa perangkat lunak ,halaman 38
bab iii.
2). –Model Sekuensial Linier atau sering disebut model pengembangan
Air Terjun, merupakan paradigma model pengembangan perangkat lunak paling tua
dan paling banyak dipakai.
-Model Prototype, merupakan suatu paradigma baru dalam
metode pengembangan perangkat lunak dimana metode ini tidak hanya sekedar
evolusi dalam dunia pengembangan perangkat lunak, tetapi juga merevolusi metode
pengembangan perangkat lunak yang lama yaitu sistem sekuensial yang biasa
dikenal dengan nama SDLC atau waterfall development model.
-Model Rapid Application Development, merupakan sebuah model proses
perkembangan perangkat lunak sekuensial linier yang menekankan siklus
perkembangan yang sangat pendek (kira-kira 60 sampai 90 hari).
-Model Spiral, merupakan penggabungan ide berulang
(prototyping) dengan aspek sistematis terkendali model air terjun (water fall).
Kutipan
sudirman,ivan.2003 perkembangan sofware.
3). ERD adalah suatu diagram untuk
menggambarkan desain konseptual suatu basis data relasional. ERD juga merupakan
gambaran yang merelasikan antara objek yang satu dengan objek yang lain dari
objek di dunia nyata yang sering dikenal dengan hubungan antara entitas.
kutipan
dari teorrey, halaman 32 bab ii.
4).LRS (Logical Record Structure),Merupakan
representasi dari Strucktur record-record pada tabel-tabel yang terbentuk dari
hasil relasi antar himpunan entitas pada diagram E-R . kutipan dari (kursini dalam Nugraha dan oktasiana, 2016).
5). UML ( Unified Modeling Language ) ,
merupakan bahasa spesifikasi standar untuk mendokumentasikan, menspesifikasikan
dan membangun sistem perangkat lunak.
Kutipan
dari David M.Kroenke, Database Processing Jilid 1 edisi 9, halaman 60.
Erlangga.
6).OOP
adalah
metode pemrograman yang mengikuti konsep-konsep berorientasi objek
Kutipan
dari Miftakhul Huda & Bunafit Komputer, Membuat Aplikasi Database dengan
Java, Mysql dan NetBeans , BAB 1 MEMAHAMI OBJECT ORIENTED PROGRAMMING
(OOP)hal.1 .
7).-Entity(Entitas), merupakan suatu
objek di dunia nyata yang dapat dibedakan dengan objek lainnya. kutipan dari robi yanto , buku basis data
menggunakan mysql ,halaman 33 bab ii.
-attribute(Atribut), merupakan semua informasi yang berkaitan
dengan entitas.
kutipan dari. kutipan dari robi yanto ,
buku basis data menggunakan mysql ,halaman 34 bab ii
-relation(Relasi), merupakan penghubung antara entity yang
satu dengan entity lainnya.
kutipan
dari robi yanto,halaman 38 bab ii.
8).-One to One (1-1), merupakan
tingkat hubungan ini menunjukan hubungan satu ke satu
-One
to Many (1-M), Merupakan
tingkat hubungan satu ke banyak adalah sama dengan banyak ke satu.
-Many
to Many (M-M), Merupakan
tingkat hubungan banyak ke banyak terjadi jika tiap kejadian pada sebuah entitas akan mempunyai
banyak hubungan dengan kejadian pada entitas lainnya.
Kutipan
dari Riyanto 2005, Migrasi SQL Server dengan PostgreSql, Jakarta : Elex Media
Komputindo.
9).1.Struktur Diagram, menggambarkan elemen
dari spesifikasi dimulai dengan kelas, obyek, dan hubungan mereka dan beralih
ke dokumen arsitektur logis dari suatu sistem.struktur diagram dalam UML:
-Class
diagram, menggambarkan struktur statis dari kelas dalam sistem anda dan
menggambarkan atribut, operasi dan hubungan antara kelas.
-object
diagram,
menggambarkan kejelasan kelas dan warisan dan kadang-kadang diambil ketika
merencanakan kelas, atau untuk membantu pemangku kepentingan non-program yang
mungkin menemukan diagram dikelas terlalu abstrak.
-component
diagram,
menggambarkan struktur fisik dari kode , pemetaan pandangan logis dari kelas
proyek untuk kode aktual dimana logika ini dilaksanakan.
-deployment
diagram,
memberikan gambaran dari arsitektur fisik perangkat lunak, perangkat keras dan
artefak dari sistem.
-composite
structure diagram, sebuah
diagram struktur komposit mirip dengan diagram kelas, tetapi menggambarkan
bagian individu, bukan seluruh kelas.
-package
diagram, menggambarkan tingkat organisasi yang tinggi dari suatu proyek software.
2.Behavior
Diagram, menggambarkan
ciri-ciri behavior/metode/fungsi dari sebuah sistem atau business process.
-Use
case diagram, menggambarkan actor, use case dan relasinya sebagai suatu
urutan tindakan yang memberikan nilai terukur untuk aktor.
-activity
diagram,
menggambarkan aktifitas-aktifitas, objek, state, transisi state dan event.
-state
machine, menggambarkan
state, transisi state dan event.
3.Interaction
diagram, menggambarkan
interakasi objek,
-communication
diagram, serupa dengan sequence diagram, tetapi diagram komunikasi juga
digunakan untuk memodelkan perilaku dinamis dari use case.
-interaction
overview diagram, menggambarkan aliran kendali interaksi dimana node adalah
interakasi atau kejadian interaksi.
-sequence
diagram, menjelaskan
interaksi objek yang disusun berdasarkan urutan waktu.
-Timing
diagram, adalah diagram waktu .
Kutipan
dari jurnal informatika mulawarman, OMG (Braun, et.al.2001).halaman 3-5 .
10).-Obyek, memiliki
pengertian yaitu membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam
sebuah program komputer.
-Kelas, definisi kelas yaitu kumpulan dari
beberapa objek yang sama.
-Abstraksi, merupakan kemampuan suatu program untuk
memfokus pada inti.
-Enkapsulasi atau pembungkusan bertujuan untuk
melindungi atribut dan metode-metode yang ada didalam kelas agar tidak
sembarangan diakses oleh kelas lain.
-Polimerfisme atau berbagai bentuk, merupakan konsep
yang menyatakan sesuatu yang sama dapat memiliki berbagai bentuk dan perilaku
yang berbeda.
Kutipan
dari Shalahuddin,M dan Rosa,A.S Belajar pemrograman dengan bahasa c++ dan java
dari nol menjadi andal. 2007.Bandung :informatika Paul Deitel, Harvey
Deitel.(2012). C++ how to program.8th edition. Prentice Hall. Harlow.
11).-Pascal adalah bahasa
pemerograman yang pertama kali dibuat oleh Prof.Niklaus wirth, seorang anggota
international federation of information processing (IFIP) pada tahun 1971.
-C++ adalah salah
satu pemrograman komputer dibuat pada tahun 1980an oleh Bell Blabs atau (Bjame
Stroustrup) sebagai pengembangan dari bahasa pemrograman .
-Microssoft Visual Basic.Net adalah sebuah alat untuk mengembangankan
dan membangun aplikasi yang bergerak diatas sistem Net frame work, dengan
menggunakan bahasa basic dengan menggunakan alat ini para programmer dapat membangun aplikasi windows forms
aplikasi web berbasis ASP.Net dan juga aplikasi command-line.
-C# adalah java
versi microssoft sebuah bahasa multi paltform yang didesain untuk berjalan
diberbagai mesin C# adalah program berorientasi object atau OOP C# memiliki
kekuatan bahasa C++ dan portabilitas seperti Java.
-Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman dan
lingkungan pengembangan perangkat lunak.
Kutipan
dari Shalahuddin,M dan Rosa,A.S Belajar pemrograman dengan bahasa c++ dan java
dari nol menjadi andal. 2007.Bandung :informatika Paul Deitel, Harvey
Deitel.(2012). C++ how to program.8th edition. Prentice Hall. Harlow.
Komentar
Posting Komentar