TUGAS ABD 30 APRIL 2018

KELOMPOK 7


KETUA KELOMPOK : 12170968          M.ALDIANSYAH RAMADHAN SAPUTRA

ANGGOTA                  : 12170324          RONALDO
                                        12171739          DEVI AIMATUL KHASANAH
                                        12170335          SHIVA AULDINA YAMIN
                                        12173314          ALDI DANU


APLIKASI BASIS DATA

1). DDL (Data Definiton Language) ,merupakan perintah sql yang digunakan untuk melakukan definisi awal satu basis data dan tabel tabel pada konsep RDBMS.

2). DML (Data Manipulation Language) ,merupakan perintah sql yang digunakan untuk melakukan pengelolahan record atai manipulasi record pada tabel dalam suatu basis data.

3). -Create, digunakan untuk membuat suatu basis data dan tabel pendukung di dalam pembangunan basis data tersebut.
   -Alter, digunakan untuk mengubah struktur tabel yang terdapat di dalam basis data.
   -Drop, digunakan untuk menghapus tabel yang terdapat di dalam basis data.

4)-Insert, digunakan untuk melakukan entry atau penambahan suatu record pada tabel dalam basis data.
   -Select, digunakan untuk memilih record yang akan ditampilkan berdasarkan  data pada tabel dalam basis data.
   -Update, digunakan untuk mengubah data dalam suatu tabel pada field tertentu.
   -Delete, digunakan untuk menghapus data dalam suatu tabel.

5) ERD & LRS dari KHS .


6).DDL Aplikasi Basis Data( DATA PRIBADI )


6). Aplikasi Basis Data( DATA PRIBADI ) PERINTAH CMD (COMMAND PROMPT).

1.perintah DDL dalam command prompt  dari DATA PRIBADI diuang mahasiswa.
 

 


2.Menambahkan 5 data ke dalam table yang dibuat no.1

 

3. Modifikasi DML Aplikasi Basis Data

 





JAWABAN BERDASARKAN KUTIPAN DARI KARYA ILMIAH / BUKU REFERENSI JAWABAN N0.1-11

1). Pengembangan software adalah berwujud suatu proses yang mengubah bentuk gagasan, kebutuhan, dan persyaratan ke dalam aplikasi perangkat lunak.
Kutipan dari (humphrey dan kellner, 1989) ,buku rekayasa perangkat lunak ,halaman 38 bab iii.

2). –Model Sekuensial Linier atau sering disebut model pengembangan Air Terjun, merupakan paradigma model pengembangan perangkat lunak paling tua dan paling banyak dipakai.
-Model Prototype, merupakan suatu paradigma baru dalam metode pengembangan perangkat lunak dimana metode ini tidak hanya sekedar evolusi dalam dunia pengembangan perangkat lunak, tetapi juga merevolusi metode pengembangan perangkat lunak yang lama yaitu sistem sekuensial yang biasa dikenal dengan nama SDLC atau waterfall development model.
-Model Rapid Application Development, merupakan sebuah model proses perkembangan perangkat lunak sekuensial linier yang menekankan siklus perkembangan yang sangat pendek (kira-kira 60 sampai 90 hari).
-Model Spiral, merupakan penggabungan ide berulang (prototyping) dengan aspek sistematis terkendali model air terjun (water fall).
Kutipan sudirman,ivan.2003 perkembangan sofware.

3). ERD adalah suatu diagram untuk menggambarkan desain konseptual suatu basis data relasional. ERD juga merupakan gambaran yang merelasikan antara objek yang satu dengan objek yang lain dari objek di dunia nyata yang sering dikenal dengan hubungan antara entitas.
kutipan dari teorrey, halaman 32 bab ii.

4).LRS (Logical Record Structure),Merupakan representasi dari Strucktur record-record pada tabel-tabel yang terbentuk dari hasil relasi antar himpunan entitas pada diagram E-R . kutipan dari (kursini dalam Nugraha dan oktasiana, 2016).

5). UML ( Unified Modeling Language ) , merupakan bahasa spesifikasi standar untuk mendokumentasikan, menspesifikasikan dan membangun sistem perangkat lunak.
Kutipan dari David M.Kroenke, Database Processing Jilid 1 edisi 9, halaman 60. Erlangga.

6).OOP adalah metode pemrograman yang mengikuti konsep-konsep berorientasi objek
Kutipan dari Miftakhul Huda & Bunafit Komputer, Membuat Aplikasi Database dengan Java, Mysql dan NetBeans , BAB 1 MEMAHAMI OBJECT ORIENTED PROGRAMMING (OOP)hal.1 .

  7).-Entity(Entitas), merupakan suatu objek di dunia nyata yang dapat dibedakan dengan objek lainnya.  kutipan dari robi yanto , buku basis data menggunakan mysql ,halaman 33 bab ii.
-attribute(Atribut), merupakan semua informasi yang berkaitan dengan entitas.
kutipan dari. kutipan dari robi yanto , buku basis data menggunakan mysql ,halaman 34 bab ii
-relation(Relasi), merupakan penghubung antara entity yang satu dengan entity lainnya.
kutipan dari robi yanto,halaman 38 bab ii.

8).-One to One (1-1), merupakan tingkat hubungan ini menunjukan hubungan satu ke satu
    -One to Many (1-M), Merupakan tingkat hubungan satu ke banyak adalah sama dengan    banyak ke satu.
    -Many to Many (M-M), Merupakan tingkat hubungan banyak ke banyak terjadi jika tiap  kejadian pada sebuah entitas akan mempunyai banyak hubungan dengan kejadian pada entitas lainnya.
Kutipan dari Riyanto 2005, Migrasi SQL Server dengan PostgreSql, Jakarta : Elex Media Komputindo.
9).1.Struktur Diagram, menggambarkan elemen dari spesifikasi dimulai dengan kelas, obyek, dan hubungan mereka dan beralih ke dokumen arsitektur logis dari suatu sistem.struktur diagram dalam UML:
-Class diagram, menggambarkan struktur statis dari kelas dalam sistem anda dan menggambarkan atribut, operasi dan hubungan antara kelas.
-object diagram, menggambarkan kejelasan kelas dan warisan dan kadang-kadang diambil ketika merencanakan kelas, atau untuk membantu pemangku kepentingan non-program yang mungkin menemukan diagram dikelas terlalu abstrak.
-component diagram, menggambarkan struktur fisik dari kode , pemetaan pandangan logis dari kelas proyek untuk kode aktual dimana logika ini dilaksanakan.
-deployment diagram, memberikan gambaran dari arsitektur fisik perangkat lunak, perangkat keras dan artefak dari sistem.
-composite structure diagram, sebuah diagram struktur komposit mirip dengan diagram kelas, tetapi menggambarkan bagian individu, bukan seluruh kelas.
-package diagram, menggambarkan tingkat organisasi yang tinggi dari suatu proyek software.
2.Behavior Diagram, menggambarkan ciri-ciri behavior/metode/fungsi dari sebuah sistem atau business process.
-Use case diagram, menggambarkan actor, use case dan relasinya sebagai suatu urutan tindakan yang memberikan nilai terukur untuk aktor.
-activity diagram, menggambarkan aktifitas-aktifitas, objek, state, transisi state dan event.
-state machine, menggambarkan state, transisi state dan event.

3.Interaction diagram, menggambarkan interakasi objek,
-communication diagram, serupa dengan sequence diagram, tetapi diagram komunikasi juga digunakan untuk memodelkan perilaku dinamis dari use case.
-interaction overview diagram, menggambarkan aliran kendali interaksi dimana node adalah interakasi atau kejadian interaksi.
-sequence diagram, menjelaskan interaksi objek yang disusun berdasarkan urutan waktu.
-Timing diagram, adalah diagram waktu .
Kutipan dari jurnal informatika mulawarman, OMG (Braun, et.al.2001).halaman 3-5 .

10).-Obyek, memiliki pengertian yaitu membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer.
-Kelas, definisi kelas yaitu kumpulan dari beberapa objek yang sama.
-Abstraksi, merupakan kemampuan suatu program untuk memfokus pada inti.
-Enkapsulasi atau pembungkusan bertujuan untuk melindungi atribut dan metode-metode yang ada didalam kelas agar tidak sembarangan diakses oleh kelas lain.
-Polimerfisme atau berbagai bentuk, merupakan konsep yang menyatakan sesuatu yang sama dapat memiliki berbagai bentuk dan perilaku yang berbeda.
Kutipan dari Shalahuddin,M dan Rosa,A.S Belajar pemrograman dengan bahasa c++ dan java dari nol menjadi andal. 2007.Bandung :informatika Paul Deitel, Harvey Deitel.(2012). C++ how to program.8th edition. Prentice Hall. Harlow.

11).­-Pascal adalah bahasa pemerograman yang pertama kali dibuat oleh Prof.Niklaus wirth, seorang anggota international federation of information processing (IFIP) pada tahun 1971.
-C++ adalah salah satu pemrograman komputer dibuat pada tahun 1980an oleh Bell Blabs atau (Bjame Stroustrup) sebagai pengembangan dari bahasa pemrograman .
-Microssoft Visual Basic.Net adalah sebuah alat untuk mengembangankan dan membangun aplikasi yang bergerak diatas sistem Net frame work, dengan menggunakan bahasa basic dengan menggunakan alat ini para programmer  dapat membangun aplikasi windows forms aplikasi web berbasis ASP.Net dan juga aplikasi command-line.
-C# adalah java versi microssoft sebuah bahasa multi paltform yang didesain untuk berjalan diberbagai mesin C# adalah program berorientasi object atau OOP C# memiliki kekuatan bahasa C++ dan portabilitas seperti Java.
-Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman dan lingkungan pengembangan perangkat lunak.
Kutipan dari Shalahuddin,M dan Rosa,A.S Belajar pemrograman dengan bahasa c++ dan java dari nol menjadi andal. 2007.Bandung :informatika Paul Deitel, Harvey Deitel.(2012). C++ how to program.8th edition. Prentice Hall. Harlow.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELAS 12.2E.04 TUGAS DDL 2 KELOMPOK 7

ERD & LRS (database)